Analisis Kompetensi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan

Penulis

  • Dady Nurpadi Universitas Koperasi Indonesia
  • Riski Juliana Sihaloho Universitas Koperasi Indonesia

Kata Kunci:

Kompetensi, Kinerja Karyawan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi karyawan dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan Koperasi Dharma Nirmala Mandiri. Serta upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sehingga kinerja karyawan lebih baik pada Koperasi Dharma Nirmala Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang diperoleh melalui analisis secara deskriptif. Hasil pengolahan data yang diperoleh melalui kuisioner, wawancara, observasi, studi Pustaka dan dianalisis secara deskriptif. Dengan menggunakan skala likert penulis bisa menyimpulkan indikator-indikator kompetensi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Kompetensi di Koperasi Dharma Nirmala Mandiri mendapat skor sebesar 259 dengan kriteria “Cukup Baik”. Artinya kompetensi harus diperbaiki dan ditingkatkan beberapa indikator yang masuk kriteria cukup baik, yaitu pada indikator cepat tanggap dalam melayani anggota, inisiatif dalam melakukan pekerjaan, tingkat pencapaian terhadap prestasi kerja, percaya diri dalam menghadapi setiap masalah pekerjaan, mampu bekerja efektif dalam setiap situasi, pengetahuan tentang bidang pekerjaan yang ditugaskan, pengetahuan yang berhubungan dengan peraturan, pengetahuan pendidikan perkoperasian, dan memiliki keterampilan sesuai dengan keahlian. Kinerja karyawan di Koperasi Dharma Nirmala Mandiri mendapat skor 228 dengan kriteria “Cukup Baik”. Artinya kinerja karyawan harus diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya pada beberapa indikator yang masuk kriteria cukup baik. Yaitu pada indikator ketelitian dalam menyelesaikan setiap pekerjaan, kerapihan hasil kerja, kebersihan karyawan, dan bekerjasama dalam menyalurkan ide dan gagasan.

Referensi

A. A Anwar Prabu Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya.

Achmad, R. S. (2003). Kualitas Sumber Daya Manusia. PT Gramedia.

Ariffin, R. (2003). Manfaat Harga Koperasi Landasan Teoritis Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Ikopin Press.

Edy, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.

Flippo, E. (2009). Tata Kerja Dan Produktivitas Kerja. Erlangga.

Hadi, S., Rajiani, I., Mutiani, & Jumriani. (2018). Manajemen Sumber Daya MAnusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara, 1, 391. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=e2ppEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+pengetahuan&ots=gV368HYlR3&sig=ugm1Twmq-r6Ya9ITLRHYA6ieJi0

Hasibuan, M. S. . (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia : Edisi Revisi / Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan (1st ed.). Bumi Aksara.

ICA 1995. (n.d.). “Statement on the Cooperative Identity” (Manchaster). in 31 st Congress Manchester in Review ofinternational Cooperative.

Krisnawati, N. K. D., & Bagia, I. W. (2021). Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 29. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i1.28736

Lucky Nurjanah, S. (2019). Analisis Kompetensi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Koperasi Pegawai Pemerintahan Kota Bandung.

Novriyanti, D. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Kemampuan Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Harkat. D.Noviyanti, 1–103.

Republik Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar.

Veithzal. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Rajawali Pers.

Wibowo. (2000). Manajemen Kinerja. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2014). Perilaku Dalam Organisasi (1st ed.). Rajawali Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-22

Cara Mengutip

Nurpadi, D., & Sihaloho, R. J. (2023). Analisis Kompetensi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(4). Diambil dari http://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/186