MANAGEMENT OF LINEN HOUSEKEEPING
Kata Kunci:
linen, housekeeping, hotelAbstrak
Management Of Linen Housekeeping. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi awal dari persediaan dan pengadaan awal linen di housekeeping di Archipelago International Hotel Area Bandung serta untuk mengetahui apakah ada kendala yang terjadi saat mengelola persediaan dan pengadaan linen. Teknik analisa yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tipe kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Hotel Archipelago Hotel Bandung yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2020. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian didapatkan Dilihat dari aspek Inventori, pengelolaan linen housekeeping dalam waktu pelaksanaan, yang melaksanakan, dan pengawasan sudah dilakukan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Dilihat dari aspek Parstock, pengelolaan linen housekeeping dalam persediaan dan kondisi fisik linen sudah diterapkan sesuai standar yang telah ditentukan oleh perusahaan maupun ketentuan dari management. Dilihat dari aspek pencucian, pengelolaan linen housekeeping dalam proses pencatatan dan waktu pencucian telah disesuaikan dengan peraturan yang ada sehingga dapat dilaksanakan dengan baik. Dilihat dari aspek penukaran linen kotor, pengelolaan linen housekeeping dalam pencatatan sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dan dilaksanakan dengan baik. Dilihat dari aspek perbaikan, pengelolaan linen housekeeping dalam hal cara perbaikan, waktu perbaikan, yang melakukan perbaikan, hal ini tidak dilakukan karena di hotel Archipelago Hotel Bandung tidak menerapkan perbaikan terhadap linen yang rusak. Dilihat dari aspek pengontrolan linen ( linen control ), pengelolaan linen housekeeping dalam pencatatan terhada linen telah dilakukan dengan ketentuan yang diterapkan oleh management . Sedangkan pengelolaan linen housekeeping dari aspek pengontrolan dalam hal yang mengawasi yaitu diawasi oleh orang yang tepat agar data tersebut akurat. Sehingga disarankan Pihak Management hotel The Archipelago Hotel Bandung agar dapat mengontrol ketentuan yang telah ditetapkan mengenai pengelolaan linen housekeeping agar selalu berjalan dengan ketentuan.
Referensi
Artikel Human Resources Hotel Sudamala Suites And Villas Resort Lombok, 2013
Bagyono. 2012. Teori dan Praktik Hotel Front Office. Bandung: Alfabeta
P.H, Bartono, Ruffino EM. 2010. Tata Boga Industri. Yogyakarta: CV. Andi Offset
P.H. Bartono, Ruffini EM. 2005. Hotels and motels Food Industry Restaurants Food Industry. Yogyakarta: CV. Andi Offset
P.H. Bartono, Ruffini EM. 2005. Food Product Managemnet: Di Hotel dan Restauran. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Minantyo, Hari. 2011. Dasar-dasar Pengolahan Makanan = (Food Product Fundamental). Yogyakarta: Graha Ilmu
Sarwadi, Dicky. 2000. Bartending. Yogyakarta: Liberty
Sulastiyono, Agus. 2008. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta
Suwithi, Ni Wayan, Cecil Erwin Jr Boham. 2008. Akomodasi Perhotelan untuk SMK Jilid 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Erie Hidayat Sukriadi, I Gusti Putu Laksaguna
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.