THE EFFECT OF BRAND IMAGE ON DECISIONS PURCHASE OF YAMAHA NMAX MOTORCYCLES IN MAHKOTA MOTOR BANGKINANG KOTA

Penulis

  • Renaldi Putra STIE Bangkinang
  • Supardi Supardi STIE Bangkinang
  • Litra Diantara STIE Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.55768/jrmi.v3i2.82

Kata Kunci:

Brand Image, Purchase Decision

Abstrak

This study aims to determine the effect of brand image on purchasing decisions for Yamaha NMax motorbikes at Mahkota Motor Bangkinang Kota. Population of this study were customers of Yamaha NMax motorbikes at Yamaha Mahkota Motor Bangkinang Kota Dealer. The sample was carried out by purposive sampling method so that the sample in this study became 60 customers. The data collection techniques used were questionnaires and research files. The data analysis technique used is simple linear regression analysis. Based on the results of the study, it can be concluded that brand image has an effect on purchasing decisions. There is a strong relationship between brand image and purchasing decisions and the contribution of the independent variable to the dependent variable is 69.0%.

Referensi

Abidin, Z. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pembeli Produk Indomie Di Kecamatan Kabupaten Kampar. Jurnal Daya Saing, 5(3), 207-212.

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service) : Yogyakarta.

Annisa Ristu Rahmawati . 2016. Pengaruh Citra merek terhadap keputusan pembelian motor Honda scoopy (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Bandung)

Assuari, S. 2010. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Buchory, H.A. dan Saladin, D. 2010. Manajemen Pemasaran. Rineka Cpta, Jakarta.

Clinton Sirait . 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk EIGER di Kota Bandung. STIE Pasundan : Bandung.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Satu Nusa Studia, Bandung.

Elis Setiawati. 2013. Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian televisi Samsung di Perumahan Villa Grand Tomang Tanggerang. Universitas Pelita Harapan

Fatmiwati, F., Zulher, Z., & Mulyani, S. (2020). THE EFFECT OF PRODUCT VARIANT AND PRICE ON PURCHASING DECISIONS FOR HNI-HPAI PRODUCTS AT THE KHAIRA ISLAMIC HEALTHY HOME MEDICINE CLINIC IN BANGKINANG CITY. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(4), 223-232.

Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Keduabelas Jilid I. Penerbit PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, P dan G.Amstrong. 2014. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke-6. Terjemahan Wilhemnus W. Bokowatum. Intermedia Jakarta, Jakarta.

Kotler, P dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, P dan Keller, Kevin Lane. 2012. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mentari Kasih Labiro. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Harga, dan Kualitas Produk, Pada Keputusan Pembelian Produk Purbasari Lipstick Matte (Studi kasus pada Mahasiswi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Morissan. 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenada Media Group, Jakarta.

Rangkuti, F. 2010. The Power Of Brands. Penerbit Gramedia, Jakarta.

Saladin. 2011. Manajemen Pemasaran. Linda Karya : Bandung.

Sartikawati, I. D., Ali, A., & Setiawan, A. (2020). EFFECT OF ADVERTISING, PRODUCT SUPERIORITY, LIFE STYLE AND PRICE ON THE PURCHASE DECISION OF THE LE-MINERALE MINERAL WATER BRAND (Case Study On Malaya Mart and Ranggon Mart In Bangkinang City). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(4).

Simamora, Bilson. 2000. MemenangkanPasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugioyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.

Sunyoto Danang. 2013. Teori, kuesioner dan analisis data, edisi pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Swastha, B.Irawan. 2009. Manajemen Pemasaran Untuk Modern, Liberty, Yogyakarta.

Taufiq. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap loyalitas konsumen (Study kasus pada Outlet Sapatu Bata di Mall SKA Pekanbaru). STIE Bangkinang : Riau

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran,Edisi Ketiga. CV. Andi Offset, Jakarta.

Yunaldi, R., Diantara, L., & Putri, L. T. (2021). THE EFFECT OF BRAND EQUITY, PRICE, AND LIFESTYLE ON PRODUCT PURCHASE DECISIONS GATSBY POMADE IN CIRCLESMILLENNIAL IN THE CITY OF BANGKINANG. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 46-55.

Zulher, Z. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN BA (Beauty Advisor) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN PRODUK WARDAH (STUDI KASUS KONSUMEN LOTTEMART KUNINGAN CITY). JURNAL MANAJEMEN FE-UB, 7(2), 126-142.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Cara Mengutip

Putra, R., Supardi, S., & Diantara, L. (2021). THE EFFECT OF BRAND IMAGE ON DECISIONS PURCHASE OF YAMAHA NMAX MOTORCYCLES IN MAHKOTA MOTOR BANGKINANG KOTA. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(2), 215–222. https://doi.org/10.55768/jrmi.v3i2.82