Penggunaan Media Flashcard Dalam Mengembangkan Bahasa Ekpresif Anak Usia 4-5 Tahun
Kata Kunci:
Media Flashcard, Bahasa EkspresifAbstrak
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih kurangnya penguasaan perbendaharaan kosa kata Bahasa anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam perencanaan, pelaksanaan pembelajaran guru serta evaluasi penggunaan media flashcard pada anak usia dini di PAUD Ar-Rafiq Desa Mekarraya Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptip yang melibatkan guru di kelompok A, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis, data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam menggunakan media flashcard untuk mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok A sebagai berikut, Pertama, guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran penggunaan media flashcard sesuai dengan tema dan tujuan yaitu dengan membuat Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH) serta guru menyiapkan media pembelajaran. Kedua, guru melaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan indiktaor 2 M antara lain, mengamati dan menanya. Ketiga guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran dengan bentuk penilaian cheklis, catatan anekdot, serta penilaian hasil karya. Ketiga langkah kegiatan ini telah diterapkan oleh guru di PAUD Ar-Rafiq desa Mekarraya kabupaten Garut dan dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini.
Referensi
Arif Furchan, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif (Surabaya: Usaha Nasional, 1992), h. 21.
Arysad. Media Pembelajaran. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011) h.119
Dhine, Nurbiana, dkk. Metode Pengembangan Bahasa. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2007) h.136
Dina Indriana. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. (Jogjakarta: Divapress, 2011) h.68-69
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Irfan Muhammad Zaenudin, Ulfah Nurul Mudilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.