STANDAR KUALITAS MAKANAN DAN MINUMAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA DEPARTEMEN FOOD & BEVERAGE PRODUCT DI ASMILA BOUTIQUE HOTEL

Penulis

  • Meity Wildanun Akademi Pariwisata Nasional Indonesia
  • Rosie Oktavia Puspita Rini Akademi Pariwisata Nasional Indonesia

Kata Kunci:

kualitas makanan, minuman, kepuasan, food & beverage

Abstrak

Standar Kualitas Makanan Dan Minuman Terhadap Kepuasan Tamu Pada Departemen Food & Beverage Product Di Asmila Boutique Hotel. Prospek pengolahan food & beverage dalam industri perhotelan membuat hampir semua industri ini bersaing dalam mengunggulkan fasilitas food & beverage service dan food & beverage product dan semua makanan dan minuman yang ada dihotel diolah oleh food & beverage product. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar makanan dan minuman pada departemen food & beverage serta untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap standar makanan dan minuman pada departemen food & beverage di Hotel Asmila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi sebanyak 100 responden yang diambil secara accidental sampling tamu di Asmila Boutique Hotel. Hasil penelitian didapatkan kurangnya pengawasan dari pihak hotel pada saat bagian receiving menyeleksi atau mensortir bahan makanan yang akan disalurkan ke bagian kitchen dan store room, yang menyebabkan bahan makanan yang digunakan jauh dari standar kualitas dan tidak layak untuk dipergunakan maupun diproduksi, Kurangnya pengawasan dari staff kitchen terhadap suhu ruangan penyimpanan, Penggunaan bahan makanan yang berbahaya seperti MSG masih saja digunakan oleh bagian kitchen, Pentingnya hyegene dan sanitasi makanan untuk menunjang peningkatan standar kualitas makanan, Timbulnya berbagai dampak negatif  seperti berbagi  komplain dari tamu, kualitas produksi kurang bermutu, buruknya image hotel, dan food cost tinggi yang dikarenakan kurangnya pemenuhan standar kualitas makanan. dengan demikian Perlunya pengawasan oleh executive chef.

Referensi

Darsono Agustinus, 1992. Kantor Depan Hotel (Front Office), Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Happy Marpaung, 2002, Pengetahuan Kepariwisataan, Edisi Revisi. Bandung: ALFABETA

Poerwardarminta W.J.S., 1996, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka

Rumekso , 2001 , Housekeeping Hotel Manajemen Penyelenggara Yogyakarta: , Andi

Sulistiyono Agus , 1999 , Hotel , Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi, Bandung.: ALFABETA ,

Shadily Hasan dan Jhon M . Echlos , 1999, Kamus Indonesia – Inggris, Jakarta: PT Gramedia

Shadily Hasan dan Jhon M. Echlos , 1999 , Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: PT Gramedia

Yayuk Sri Perwani, 1999 , Teori dan Petunjuk Praktek Housekeeping untuk Akademi Perhotelan Make Up Room, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Darsono Agustinus, 1992. Kantor Depan Hotel (Front Office). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Happy Marpaung, 2002. Pengetahuan Kepariwisataan Edisi Revisi. Bandung: ALFABETA

Poerwardarminta W.J.S., 1996, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka

Rumekso, 2001, Housekeeping Hotel, Manajemen Penyelenggara Yogyakarta: Andi

Sulistiyono Agus, 1999. Hotel , Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung: ALFABETA

Shadily Hasan dan Jhon M . Echlos , 1999, Kamus Indonesia-Inggris. Jakarta: PT Gramedia , Jakarta

Shadily Hasan dan Jhon M. Echlos, 1999. Kamus Inggris–Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Jakarta.

Yayuk Sri Perwani, 1999. Teori dan Petunjuk Praktek Housekeeping untuk Akademi Perhotelan Make Up Room. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Wildanun, M., & Rini, R. O. P. (2020). STANDAR KUALITAS MAKANAN DAN MINUMAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA DEPARTEMEN FOOD & BEVERAGE PRODUCT DI ASMILA BOUTIQUE HOTEL. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(3). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/182