PENGARUH ETIKA DAN PENAMPILAN PEGAWAI HOTEL TERHADAP PENINGKATAN MUTU PELAYANAN

Penulis

  • Swastono Putro Pirastyo Akademi Pariwisata Nasional Indonesia
  • Meity Karlina Wulansari Akademi Pariwisata Nasional Indonesia

Kata Kunci:

etika, penampilan, kepuasan, mutu

Abstrak

Pengaruh Etika dan Penampilan Pegawai Hotel Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Pada Hotel Hilton BandungHotel yang baik secara umum dapat kita nilai dari kenyamanan, kebersihan, dan kualitas pelayanan dari hotel tersebut. Masalah yang akan kita bicarakan saat ini berkenaan dengan pentingnya personal hygiene yang mencakup personal grooming, fitness, habit, neat and clean dalam meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan hotel. Etika pelayanan adalah tentang kemampuan untuk membedakan antara yang benar  dan  yang salah,  serta  melakukan semua  pelayanan  dengan  kualitas intergritas dan akuntabilitas yang tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis pendekatan yang peneliti gunakan adalah jenis pendekatan analisis deskriptif analitik secara crossectional. Lokasi di Hotel Hilton Bandung yang dilaksanakan di dilaksanakan pada bulan November-Desember 2019. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh jumlah pegawai di Hotel Hilton Bandung. Populasi sebanyak  190  orang dengan menggunakan metode simple random sampling sehingga didaopatkan hasil sebanyak 50 respponden. Metode analisis yang di gunakan ialah regresi linear berganda.  Hasil penelitian didapatkan bahwa Hasil uji t (parsial) antara variabel etika terhadap variabel mutu pelayanan menunjukkan nilai t-hitung 3,372>2,011 t-tabel. Hal ini berarti bahwa yang etika berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayananpada Hotel Hilton Bandung. Pada penampilan pegawai Hasil uji t (parsial) antara variabel penampilan pegawai terhadap  variabel  mutu  pelayanan  didapatkan  nilai  t-hitung 0,354 yang lebih kecil dibandingkan t-tabel 2,011 dan nilai sig 0,725 yang jauh lebih besar dari 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan  bahwa  pengaruh  penampilan  pegawai  dengan mutu pelayanan pada Hotel Hilton Bandung tidak signifikan. Sehingga disarankan pimpinan untuk tetap memperhatikan etika dan penampilan pegawai hotel untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Referensi

A. Mustafa (2010). Etika manajemen islam. Jakarta: Pustaka Setia

A. S. Moenir (2015) manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Burhanuddin salam (2016) etika sosial etika moral dalam kehidupan manusia. Jakarta: Rineka Cipta

O. P. Simorangkir (2010). Etika bisnis, jabatan dan perbankan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra, (2012), Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi

Fandy Tjiptono (2014) Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian Andi

Fandy Tjiptono (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi

Kotler philip dan kevin lane keller (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga

Mounier, H,A,S, (2011) Makna pemerintahan tinjauan dari segi etika dan kepemimpinan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Mounier, H.A.S, (2001), manajemen pelayanan umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Mounier, H.A.S, (2011), makna pemerintahan tinjauan dari segi etika dan kepemimpinan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya

Ratminto S (2015) manajemen pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Pirastyo, S. P., & Wulansari, M. K. (2020). PENGARUH ETIKA DAN PENAMPILAN PEGAWAI HOTEL TERHADAP PENINGKATAN MUTU PELAYANAN. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(3). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/183