PENGARUH ETIKA DAN PENAMPILAN PEGAWAI HOTEL TERHADAP PENINGKATAN MUTU PELAYANAN
Kata Kunci:
etika, penampilan, kepuasan, mutuAbstrak
Pengaruh Etika dan Penampilan Pegawai Hotel Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Pada Hotel Hilton Bandung. Hotel yang baik secara umum dapat kita nilai dari kenyamanan, kebersihan, dan kualitas pelayanan dari hotel tersebut. Masalah yang akan kita bicarakan saat ini berkenaan dengan pentingnya personal hygiene yang mencakup personal grooming, fitness, habit, neat and clean dalam meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan hotel. Etika pelayanan adalah tentang kemampuan untuk membedakan antara yang benar dan yang salah, serta melakukan semua pelayanan dengan kualitas intergritas dan akuntabilitas yang tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Jenis pendekatan yang peneliti gunakan adalah jenis pendekatan analisis deskriptif analitik secara crossectional. Lokasi di Hotel Hilton Bandung yang dilaksanakan di dilaksanakan pada bulan November-Desember 2019. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh jumlah pegawai di Hotel Hilton Bandung. Populasi sebanyak 190 orang dengan menggunakan metode simple random sampling sehingga didaopatkan hasil sebanyak 50 respponden. Metode analisis yang di gunakan ialah regresi linear berganda. Hasil penelitian didapatkan bahwa Hasil uji t (parsial) antara variabel etika terhadap variabel mutu pelayanan menunjukkan nilai t-hitung 3,372>2,011 t-tabel. Hal ini berarti bahwa yang etika berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayananpada Hotel Hilton Bandung. Pada penampilan pegawai Hasil uji t (parsial) antara variabel penampilan pegawai terhadap variabel mutu pelayanan didapatkan nilai t-hitung 0,354 yang lebih kecil dibandingkan t-tabel 2,011 dan nilai sig 0,725 yang jauh lebih besar dari 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pengaruh penampilan pegawai dengan mutu pelayanan pada Hotel Hilton Bandung tidak signifikan. Sehingga disarankan pimpinan untuk tetap memperhatikan etika dan penampilan pegawai hotel untuk meningkatkan mutu pelayanan.
Referensi
A. Mustafa (2010). Etika manajemen islam. Jakarta: Pustaka Setia
A. S. Moenir (2015) manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Burhanuddin salam (2016) etika sosial etika moral dalam kehidupan manusia. Jakarta: Rineka Cipta
O. P. Simorangkir (2010). Etika bisnis, jabatan dan perbankan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra, (2012), Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi
Fandy Tjiptono (2014) Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan Dan Penelitian Andi
Fandy Tjiptono (2012). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi
Kotler philip dan kevin lane keller (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mounier, H,A,S, (2011) Makna pemerintahan tinjauan dari segi etika dan kepemimpinan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Mounier, H.A.S, (2001), manajemen pelayanan umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara
Mounier, H.A.S, (2011), makna pemerintahan tinjauan dari segi etika dan kepemimpinan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya
Ratminto S (2015) manajemen pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Swastono Putro Pirastyo, Meity Karlina Wulansari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.