Management of Educational Policy Reform in Indonesia’s Digital Era: A Systematic Review of MBKM and Merdeka Curriculum

Penulis

  • Putri Ellen Gracia Risamasu Universitas Negeri Malang
  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang
  • Elya Indah Universitas Negeri Malang
  • Fifin Wildanah Universitas Negeri Padang
  • Elsa Peea Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55768/jrmi.v7i3.202

Kata Kunci:

Kebijakan Pendidikan, Merdeka Belajar, MBKM, Kurikulum Merdeka, SLR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meninjau secara sistematis literatur mengenai implementasi kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) dan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Kajian dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) menggunakan protokol PRISMA. Dari tahap identifikasi diperoleh 26 artikel, 18 artikel diseleksi, 9 artikel memenuhi kriteria kelayakan, dan 5 artikel dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebijakan MBKM di perguruan tinggi memberi ruang fleksibilitas melalui kegiatan magang, penelitian, dan proyek sosial, yang berkontribusi pada penguatan keterampilan abad ke-21 mahasiswa. Sementara itu, Kurikulum Merdeka di sekolah dasar dan menengah menekankan otonomi guru serta penguatan literasi digital, namun masih menghadapi tantangan berupa kesenjangan digital dan keterbatasan kesiapan pedagogis. Secara umum, mahasiswa dan guru memiliki persepsi positif terhadap kebijakan ini, meskipun implementasi masih terhambat oleh keterbatasan infrastruktur, minimnya sosialisasi, serta kesenjangan antara sekolah perkotaan dan pedesaan. Sintesis temuan menegaskan bahwa keberhasilan kebijakan sangat ditentukan oleh konsistensi antara desain kebijakan, kapasitas kelembagaan, dukungan sosial, serta strategi afirmatif bagi wilayah tertinggal. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan multi-level yang memperkuat dukungan infrastruktur, pelatihan guru, kepemimpinan akademik, dan sistem penjaminan mutu agar tujuan SDG 4: Quality Education dapat tercapai.

Referensi

Alfikalia, A., Haryanto, H. C., & Widyaningsih, A. (2022). Dinamika pengelolaan program merdeka belajar-kampus merdeka pada kampus swasta. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 111-123.

Aranda, M. D. (2024). Peningkatan dan pemerataan perkembangan teknologi di dunia pendidikan melalui e-learning di Indonesia: Kajian literatur. Jurnal Cakrawala Akademika.

Aulia, A. H. R., Setyawan, K. G., & Imron, A. (2024). Pengaruh partisipasi organisasi kemahasiswaan terhadap kepercayaan diri mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(4), 1-15.

Baharuddin, B., Sahid, S., & Rosidah, R. (2024). Persepsi Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Hasil Eksplorasi Perasaan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 838-844.

Baharuddin, & Burhan. (2025). Urban and rural teacher perspectives on Indonesian educational reform: Challenges and policy implications. Cogent Education, 12(1), 2497142.

Bisri, A. M., Muid, A., & Khamim, N. (2023). Hambatan utama implementasi Merdeka Belajar pada perguruan tinggi swasta. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 409-416.

Budaya, C. A. (2025). Analisis birokrasi program MSIB Batch 7: Koordinasi dan tantangan dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka. Jurnal Polinter: Kajian Politik dan Hubungan Internasional, 10(2), 18-42.

Damayanti, D. P. (2025). Analisis implementasi kebijakan Merdeka Belajar dalam satuan pendidikan nonformal di Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7033-7043.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. In Handbook of theories of social psychology (Vol. 1, pp. 416-436).

Efendy, R., Amri, M., Lubis, S. H., Maknin, N. A. K., & Karim, A. R. (2025). Freedom to learn: An education policy applied in Indonesia and its potential benefits as perceived by Islamic education students. International Journal of Education and Practice, 13(2), 772-787.

Fadillah, N., & Wahyudin, D. (2024). Analisis pemahaman guru sekolah dasar terhadap karakteristik Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1881-1891.

Firdausia, F. (2024, August). Magang MBKM sebagai sarana meningkatkan adaptabilitas karir mahasiswa teknik mesin. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 7, pp. 42-54).

Fuadi, T. M. (2021, October). Hubungan perguruan tinggi swasta dengan pemerintah dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 4, No. 1, pp. 267-286).

Gunarso, G., Sandra, L., & Yap, M. (2023). Determinants for participation in independent learning policy and independent campus programs. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1507-1519.

Gurion, S. B. (2024). Teacher readiness in implementing “the Merdeka curriculum”. Journal of Education and Teaching (JET), 5(1), 108-118.

Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam memfasilitasi pembelajaran abad ke-21 pada siswa menengah atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264-275.

Hasballah, T. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Tantangan, kebijakan, dan dampak terhadap pendidikan. Jurnal Ilmiah Edukatif, 10(2), 312-322.

Hermansyah, H., Raudah, S., & Barkatullah, B. (2025). Implementasi penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui program Kampus Mengajar pada Prodi Administrasi Publik di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Al Iidara Balad, 6(2), 613-624.

Hikmawati, H., Syukri, R. A., Raldiastari, S., & Mutmainnah, M. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(2), 212-219.

Hunaepi, H., & Suharta, I. (2024). Transforming education in Indonesia: The impact and challenges of the Merdeka Belajar curriculum. Path of Science, 10(6), 5026-5039.

Indrawan, I. P. O., Saskara, G. A. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2019). Kreativitas dan motivasi belajar mahasiswa dalam implementasi blended learning berbasis Bali. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 70-78.

Indriaty, D., Astriani, D., Sabrifha, E., & Aqilla, L. (2025). Strategi kebijakan pendidikan dalam menghadapi ketimpangan sosial dan budaya. PEMA, 5(2), 551-565.

Junaedi, D. (2025). Sistem Informasi Manajemen (SIM) penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi swasta: Penelitian di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Cimahi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Kahar, S., Kamaruddin, S., & Irmawati, I. (2025). Pelaksanaan program MBKM Mandiri oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(2), 3563-3575.

Mariyono, D. (2024). Strategi pembelajaran dari teori ke praktik pendekatan pembelajaran kolaboratif di perguruan tinggi. Nas Media Pustaka.

Muzakki, H. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan daya saing mahasiswa di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 165-184.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27778.

Putri, M. F. J. L. (2023). Strategi adaptif dan inklusif dalam membangun sistem pendidikan nasional yang berkelanjutan. Educatus, 1(3), 08-17.

Putri, N. S., Amelia, N. S., & Dzakirah, N. A. (2025). Analisis efektivitas program MBKM dalam meningkatkan daya saing di dunia kerja pada mahasiswa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(2), 3478-3490.

Rahayuningsih, E., & Hanif, M. (2024). Persepsi guru dan siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory). Journal of Education Research, 5(3), 2828-2839.

Raihani, R., Issabekova, G., Maulana, T., & Abdrakhman, G. (2025). Multicultural education in Indonesia’s “Merdeka” curriculum. Journal of Education Culture and Society, 16(1), 413-432.

Risamasu, P. E. G., & Sembiring, D. A. K. (2024). Evaluation of zoning system policy using the Discrepancy Evaluation Model at SMA Negeri 1 Jayapura. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 4(2), 130-145.

Riofita, H., Juliana, E., Gustiani, S., Saputra, P., & Fitriani, Y. (2024). Menyulam kesuksesan: Membangun komitmen terhadap program studi untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul dalam pendidikan ekonomi. Jurnal Global Ilmiah, 1(4), 199-202.

Saa, S. (2024). Merdeka curriculum: Adaptation of Indonesian education policy in the digital era and global challenges. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(3), e07323.

Sari, N. M., Marleni, L., & Leoni, Y. (2024). Pelatihan teknologi untuk guru bahasa Inggris. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul.

Sumarsono, R. B., Rochmawati, Z., Zulkarnain, W., Prestiadi, D., Ubaidilah, E., Bhayangkara, A. N., & Indrawanto, D. W. (2024). Pelatihan pengembangan modul ajar berbasis implementasi Kurikulum Merdeka bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 9(10), 1780-1788.

Usman, A., & Hartati, T. A. W. (2024). Analysis of “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka“ program research in Scopus indexed journals: A critical review. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 616-630.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Wahyuningrat, W., Harsanto, B. T., Fitrah, E., Yamin, M., & Luthfi, R. M. (2025). The Effectiveness of Implementing the Merdeka-Belajar Kampus-Merdeka (MBKM) Policy in Developing High-Quality Human Resources at Jenderal Soedirman University, Indonesia, Contributing to SDGs: Quality Education. In E3S Web of Conferences (Vol. 609, p. 08001). EDP Sciences.

Yulastri, W., Yeni, Z., Yessari, M., Afia, B., Putri, Y. R., Amizi, D. S., & Nurazila, A. (2025). Analisis kebijakan evaluasi dan pembelajaran dan inovasi strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(2), 290-300.

Zahroh, J., Asrohah, H., & Zainiyati, H. S. (2025). Difusi inovasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Al-Ghozali Arosbaya Bangkalan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(3), 1288-1302.

Zainuddin, M. A., Menengah, S., Negeri, A., Gading, M., & Email (2024). Manajemen perubahan di sekolah dalam menghadapi kurikulum yang dinamis. Jurnal Kepengawasan, Supervisi dan Manajerial (JKSM).

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Risamasu, P. E. G., Sumarsono, R. B., Indah, E., Wildanah, F., & Peea, E. (2025). Management of Educational Policy Reform in Indonesia’s Digital Era: A Systematic Review of MBKM and Merdeka Curriculum. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 7(3). https://doi.org/10.55768/jrmi.v7i3.202