PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. HERVENIA KAMPAR LESTARI SUNGAI PINANG TAMBANG

Penulis

  • Resy Budiarty STIE Bangkinang
  • Zamhir Basem STIE Bangkinang
  • Mustafa Kamal STIE Bangkinang

Kata Kunci:

Work environment, Work safety, Occupational health, Job satisfaction, Human Resource Management

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Hervenia Kampar Lestari Sungai Pinang Tambang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Hervenia Kampar Lestari Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 50 karyawan di PT. Hervenia Kampar Lestari Sungai Pinang Tambang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan file penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikan (α) 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keselamatan kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan nilai signifikan lebih besar dari 0,05. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja, kesehatan kerja dan kesehatan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Hervenia Kampar Lestari Sungai Pinang Tambang. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel lingkungan kerja, keselamatan kerja dan kesehatan kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Hervenia Kampar Lestari Sungai Pinang Tambang. Kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sangat kuat.

Referensi

Aditama, R. A. (2020). Pengantar manajemen. Ae Publishing.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Agora, 5(1).

Handoko, S. D., Wibowo, N. M., & Hartati, S. (2021). Analisis pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja. Jurnal EMA (Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi), 6(1), 17–26.

Handoko, T. H. (2016). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Bpfe.

Huzain, H. (2021). Pengelolaan sumber daya manusia. OSF Preprints.

Khurosani, A. (2018). Transformational leadership, employee creativity and organizational innovation, the intervening role of organizational learning culture. Advanced Science Letters, 24(4), 2557–2560.

Luthans, F., & Youssef-Morgan, C. M. (2017). Psychological capital: An evidence-based positive approach. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 4, 339–366.

Luthans, F., Youssef, C. M., & Avolio, B. J. (2015). Psychological capital and beyond. Oxford University Press, USA.

Mashudi, I. (2021). Dampak komitmen dan budaya mutu terhadap kinerja guru. Ideas Publishing.

Mathis, R. L., dan Jackson, Jhon. H.(2013). Human Resources Management. Thomson Learning.

Nabawi, R. (2019). Pengaruh lingkungan kerja, kepuasan kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183.

Pertiwi, P., Tarwaka, Pgd. S., Erg, M., & Sri Darnoto, S. K. M. (2016). Hubungan antara perilaku Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan kejadian kecelakaan kerja pada pekerja di PT Aneka Adhilogam Karya, Ceper, Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rejeki, S. (2016). Kesehatan dan keselamatan kerja. Badan PPSDM Kesehatan.

Sulastri, S., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh stres kerja, dan beban kerja, terhadap kinerja karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(1), 83–98.

Sutedjo, A. S., & Mangkunegara, A. P. (2013). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Inti Kebun Sejahtera. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 5(2), 120–129.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-30

Cara Mengutip

Budiarty, R., Basem, Z., & Kamal, M. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA PT. HERVENIA KAMPAR LESTARI SUNGAI PINANG TAMBANG. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(1). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/105

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>