ANALYSIS OF PROMOTIONAL EFFECTIVENESS USING SOCIAL MEDIA IN AGRO NADIIN TOURISM PARK IN SUNGAI PINANG, KAMPAR DISTRICT

Penulis

  • Rakhmat Haryono Politeknik Pajajaran Insan Cinta Bangsa Bandung
  • Librina Tria Putri STIE Bangkinang
  • Winda Intan Sari STIE Bangkinang

Kata Kunci:

Emphaty; Persuation; impact; Communication; Social media; Tourism park.

Abstrak

This study aims to determine whether or not the promotional activities carried out by the Agro Nadiin Sungai Pinang Tourism Park in Kampar Regency through social media using the EPIC Model analysis (emphaty, persuation, impact, communication) are analyzed separately using the average score method. to know the effectiveness of each dimension of social media. Promotion carried out by the Agro Nadiin Sungai Pinang Tourism Park, Kampar Regency, namely through social media Facebook, Instagram and YouTube. The population and samples were taken from 300 visitors to the Taman Wisata Agro Nadiin Sungai Pinang, Kampar Regency, using census techniques. Based on the research results, it can be concluded that the promotion carried out by the Taman Wisata Agro Nadiin Sungai Pinang, Kampar Regency has been effective.

Referensi

Darmono, R. M. (2020). Pengaruh orientasi belanja, kepercayaan, dan pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online. Matua Jurnal, 2(4), 235–258.

Diantara, L. (2019). Analisis kualitas pelayanan dan orientasi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan PT. Fajar Riau Wisata Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 100–105.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, N., Nugroho, L. E., & Nugroho, E. (2015). Analisis efektivitas iklan jejaring sosial sebagai media promosi menggunakan EPIC Model. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 99–109.

Hidayatulloh, J. Y. (2017). Dampak ekonomi dan sosial budaya masyarakat dengan keberadaan wisata ziarah gunungpring kecamatan muntilan Kabupaten Magelang. STP AMPTA Yogyakarta.

Indah, D. R., & Maulida, Z. (2017). Analisis efektifitas iklan media televisi menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 1(2), 137–149.

Kurnia, L. D., Haryati, S., & Linda, R. (2022). Pengembangan instrumen evaluasi higher order thinking skills menggunakan quizizz pada materi termokimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(1), 176–190.

Musaddad, A. A., Rahayu, O. Y., Pratama, E., Supraptiningsih, S., & Wahyuni, E. (2019). Pembangunan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1).

Panjaitan, L. M. (2018). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bilangan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Khalifah TP 2018/2019.

Pramesti, W. (2018). Analisis pemeringkatan sukuk: Perspektif keuangan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 5(1), 93–110.

Rakhmawati, A. (2018). Efektivitas promosi menggunakan media sosial instagram serta pengaruhnya terhadap volume penjualan pada “Restoran Fish and Fam” Malang. Universitas Brawijaya.

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi dan Sampel. Pengantar Statistika.

Watung, A. K. S. (2016). Pengaruh rasio likuiditas, aktivitas, profitabilitas, dan struktur aktiva terhadap struktur modal industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Haryono, R., Tria Putri, L., & Intan Sari, W. (2023). ANALYSIS OF PROMOTIONAL EFFECTIVENESS USING SOCIAL MEDIA IN AGRO NADIIN TOURISM PARK IN SUNGAI PINANG, KAMPAR DISTRICT. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(2). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/114