Analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Nasi Uduk Djeng Nara di Bangkinang Kota dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA)

Penulis

  • Ena Lidiawati STIE Bangkinang
  • Librina Tria Putri STIE Bangkinang
  • Molli Wahyuni STIE Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i3.146

Kata Kunci:

Kualitas pelayanan; Kepuasan pelanggan; Importance Performance Analysis (IPA); Kinerja; Karyawan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada nasi uduk djeng nara di bangkinang kota menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA). Importance-Performance Analysis (IPA) merupakan analisis tingkat kesesuaian harapan pelanggan dengan kinerja atau kenyataan yang diterima oleh pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang makan di nasi uduk djeng nara bangkinang kota dengan menggunakan teknik unknow populations. Dari hasil penghitungan unknow population diperoleh sebanyak 97 sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara secara keseluruhan pelanggan merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Nasi Uduk Djeng Nara di Bangkinang Kota yang dibuktikan dengan hasil olahan data yang menunjukkan item pernyataan lebih banyak masuk ke kuadran C yaitu sebanyak 13 (tiga belas) item.

Referensi

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. Airlangga University Press.

Destriani, S., Rukmi, H. S., & Susanty, S. (2013). Usulan perbaikan kualitas pelayanan Minimarket Intimart dengan menggunakan Metode Importance Performance Matrix. Reka Integra, 1(4), 554–564.

Gultom, D. K., Arif, M., & Firdaus, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Herwanto, D. (2018). Analisis kualitas pelayanan dengan metode Importance Performance Analysis dan House of Quality di SMK Plus Laboratorium Indonesia Karawang. Universitas Mercu Buana.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 175–182.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga.

Ngatno, N. (2018). Manajemen pemasaran. EF Press Digimedia.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1), 100–111.

Prihastono, E. (2012). Pengukuran kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan customer service berbasis web. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 1(2), 88–90.

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian uang. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 43–54.

Rianto. (2017). Analisis kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung wisata di Desa Wisata Cibuntu Kabupaten Kuningan (Diagram Kartesius). Jurnal Hospitallity Dan Pariwisata, 1(1), 55–67.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318.

Setyaningrum, E. N. (2015). Analisis persepsi faktor-faktor visual merchandise yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan (Studi kasus di Bara-Bara Malang). Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Vidananda, P., & Setiawan, Y. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kinerja perusahaan di Larissa Aesthetic Center Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(4), 333–352. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i04.p02%0AISSN

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Lidiawati, E. ., Putri, L. T. ., & Wahyuni, M. . (2022). Analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Nasi Uduk Djeng Nara di Bangkinang Kota dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(3), 368–377. https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i3.146