Implementasi kebijakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid19
Studi pada SMP Negeri 1 Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir
Kata Kunci:
Implementation, Policy, Online Learning, Internet, Covid-19Abstrak
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan internet dengan aksebilitas, konektifitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan proses pembelajaran daring dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring di SMPN 1 Kubu Babussalam berjalan dengan baik, hal ini didasarkan pada seluruh siswa dapat mengikuti model pembelajaran daring yang dilaksanakan melalui media whatsaap dan adanya hasil yang cukup memuaskan dari nilai yang didapatkan para siswa. Faktor pendukung implementasi pembelajaran daring di SMPN 1 Kubu Babussalam adalah kualitas Sumber Daya Manusia yang dalam hal ini para guru sudah baik. Para guru memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik dibidangnya masing-masing yang sangat menunjang dan berpengaruh terhadap hasil capaian kegiatan pembelajaran. Faktor penghambat implementasi pembelajaran daring adalah lemahnya jaringan internet ketika dilaksanakanya proses pembelajaran. Untuk siswa yang berada didaerah dengan jangkauan sinyal agak susah didapatkan, jelas menjadi hambatan dalam mengikuti pembelajaran.
Referensi
Andriani, F. (2015). Teori belajar behavioristik dan pandangan islam tentang behavioristik. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 6(2), 165–180.
Ardial, H. (2022). Paradigma dan model penelitian komunikasi. Bumi Aksara.
Asyari, A. (2022). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa. Walada, 1(2), 47–54.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Dwikurnaningsih, Y., Raharjo, T., & Sugiharto, D. Y. P. (2015). The Model of Assessment-Competencies-Based Training Management Using E-Learning for Guidance and Counseling Teachers. Online International Interdisciplinary Research Journal.
Hamdani, A., Asmaniah, Z., Indriyani, I., Saepuloh, M. F., & Suhartati, S. (2021). Indonesian Learning Model Training For Elementary School Teacher. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 2(01), 27–32.
Hanafiah, M. A., Martiani, M., & Dewi, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Motivasi Belajar pada Permainan Bola Basket Siswa SMP. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5213–5219.
Hidayat, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa Kelas XII TAV SMKN 2 Kota Bima Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2).
Husain, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Kelas 4 Dalam Upaya Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asyari Kencong Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33.
Lestari, Y. S., Juraida, I., & Effida, D. Q. (2021). Policy Making Model in Flood Disaster Management in West Aceh. Journal of Social and Policy Issues, 55–61.
Miles, B. (2014). Mathew Dan Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods.
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan 34. ed. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, D. (2016). Implikasi Kebijakan Kelembagaan Terhadap Aparatur & Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 13(3), 389–400.
Nasution, E. (2018). Penguatan Tiga Pilar Pendidikan di Era Globalisasi. Dialektika, 9(2).
Ningsih, S. (2020). Implementasi Pembelajaran daring berbasis edmodo pada mata kuliah evaluasi program kepelatihan di masa pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 126–136.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Palestina, S., & Yuliati, Y. (2020). Membantu Kesulitan Anak Dalam Pembelajaran Online Melalui Bimbingan Belajar Di Desa Karanggondang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Permatasari, I. A. (2020). Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan). TheJournalish: Social and Government, 1(1), 33–37.
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi implementasi sistem pembelajaran daring fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Lampung. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66–71.
Rohman, A. (2017). Buku Dasar-Dasar Manajemen. Intelegensia Media.
Solahudin, I. M. (2021). The Essential of Human Resources Management. Bintang Visitama Publisher.
Sulasmi, S. P. (2017). Meningkatkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas VII SMPN 4 Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 1–8.
Syaifullah, S., Amin, N. S., Azmin, N., Nasir, M., & Bakhtiar, B. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Viennet, R., & Pont, B. (2017). Education policy implementation: A literature review and proposed framework.
Wardi, M. (2019). The Elite Deliberative Democratic Model In The Public Policy Formulation For Madrasah Diniyyah (Islamic Non Formal School) Development In East Java, Indonesia.
Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing student’s motivation and geography learning outcome using active debate method assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Sciences and Management, 4(4), 240–247.
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119–138.
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Riset Manajemen Indonesia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.