Analisis komitmen dan kompetensi dan pengaruhnya terhadap kinerja guru

Penulis

  • Zamhir Basem STIE Bangkinang
  • Edi Syafri STIE Bangkinang
  • Slamet Wahyudi STIE Bangkinang

Kata Kunci:

Performance, Commitment, Competence, Teacher, Education

Abstrak

Mewujudkan lulusan yang berkualitas, memerlukan adanya kinerja guru yang baik. Maka dari itu perlu diketahui faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja guru tersebut. Pada kajian ini hanya memperhatikan variabel komitmen dan kompetensi yang dianggap mampu mempengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh komitmen dan kompetensi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, koesioner, observasi dan file riset. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 02 Kecamatan Kubu Babussalam yang berjumlah sebanyak 57 orang dan semuanya dijadikan sampel, sehingga teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus. Alat analisis data dilakukan dengan menggunakan model regresi linear. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan dan parsial komitmen dan kompetensi berpengaruh signifikan pada kinerja guru SMA Negeri 02 Kecamatan Kubu Babussalam. Hasil ini menjelaskan bahwa semakin berkomitmen guru, maka semakin baik hasil kerjanya atau kinerjanya dan sebaliknya. Begitu juga dengan kompetensi yang dimiliki guru, semakin baik kompetensi yang dimiliki guru maka semakin baik pula kinerja guru tersebut dan sebaliknya.

 

Biografi Penulis

Edi Syafri, STIE Bangkinang

 

 

Slamet Wahyudi, STIE Bangkinang

 

 

Referensi

Aminnudin, M. (2013). Pengaruh Komitmen Kerja, Kapabilitas Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama (Stienu) Jepara. Ejournal Unisnu.

Aziz, M. R. (2015). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Kemanfaatan Program Internet Application System Bagi Pemohon Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya). UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Azwar, B. (2013). Kajian Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTA di Kecamatan Bangkinang. Menara Riau, 12(2), 83–91.

HASIBUAN, M. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Turnover Intention Di Pt. Anugrah Tanjung Medan (Persero) Jl. Tanjung Medan, Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan.

Kurniawan, H., & Alimudin, A. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Garam (Persero). E-Jurnal Ilmu Manajemen MAGISTRA, 1(2), 1–13.

Kurniawati, Y., & Fatisa, Y. (2016). Evaluasi program pemodelan dan simulasi laboratorium kimia pada mahasiswa calon guru. Edusains, 8(2), 201–211.

Markonah, S. (2017). Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati). Jurnal Pendidikan Ilmu Pendidikan, 6.

Mashudi, I. (2021). Dampak Komitmen dan Budaya Mutu Terhadap Kinerja Guru. ideas publishing.

Mohaimin, M. (2013). Pemikiran Pendidikan Indonesia Filosopin dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Penerbit Trigenda Karya, Bandung.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Ningsih, P. (2019). Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu). Katalogis, 4(11).

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Norawati, S., Abdillah, R., & Zakaria, N. (2021). Analisis Komitmen Dan Kompetensi Dan Dampak Pada Kinerja Guru Pada Sman 1 Bangkinang Kota. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 166–175.

Priansa, D. J. (2016). Perencanaan dan Pengembangan SDM (cetakan 1). Bandung: Alfabeta.

Rivai, V. (2016). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan.

Rohman, A. (2017). Buku Dasar-Dasar Manajemen. Intelegensia Media.

Seran, C. G., Laloma, A., & Londa, V. (2021). Kinerja Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(99).

Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165–178.

Yasa, I. P. S., & Utama, I. W. M. (2014). Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan pada Karma Jimbaran. Udayana University.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-24

Cara Mengutip

Basem, Z. ., Syafri, E., & Wahyudi, S. (2023). Analisis komitmen dan kompetensi dan pengaruhnya terhadap kinerja guru . Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(2). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/162

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>