Analisis Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran di Era Digital dalam menghadapi Persaingan di UMKM Rajawali Persada Coffee

Penulis

  • Muhamad Ardi Nupi Hasyim Universitas Koperasi Indonesia
  • Karina Komariah Hidayat Universitas Koperasi Indonesia
  • Elizabeth Olivia Ina Barek Universitas Koperasi Indonesia

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, era digital, persaingan UMKM

Abstrak

Perkembangan teknologi dan persaingan usaha yang semakin tinggi membuat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk tetap dapat bersaing dengan para kompetitornya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran dan bauran pemasaran di era digital dalam menghadapi persaingan oleh UMKM. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner secara terstruktur dengan pemilik UMKM. Penjelasan dari penelitian menunjukan bahwa kopi bukan sekedar minuman pelepas dahaga, melaikan juga mencari tahu asal usulnya. Minuma kopi menjadi tradisi masyarakat Indonesia, hanya saja dulunya kopi dikonsumsi orangtua saja, tetapi kini berbeda dengan saat ini yang hampir semua kalangan menyukai minum kopi. Dalam menjalankan bisnis UMKM ini menggunakan bauran pemasaran seperti strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Jika dilihat dari segi strategi pemasaran era digital UMKM ini akan melangkah ke era digitalisasi serta mengembangkan pemasaran dan inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran online yaitu dengan harga yang kompetitif, kemasan menarik dan mudah di akses. Dalam hal penerapan teknologi UMKM ini menggunakan promosi dan media sosial sebagai metode periklanan yang berkembang, komunikasi dengan konsumen, mengumpulkan umpan balik dan saran tentang produk kopi.

Referensi

Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Digital di Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 188–194. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.834

Aryani, R. N., Rustini, N. M., & Sari, T. (2020). Analisis Posisi Bersaing dan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pada Handara Golf and Resort di Bedugul Bali. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(2), 91–97. https://doi.org/10.22225/we.19.2.2318.91-97

Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.

https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279

Lahengko, T. M., Tumbel, T. M., & Asaloei, S. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Pada Pelaku Usaha Mikro di Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa. Jurnal Productivity, 3(3), 258–263.

Utama, I. D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Ardi Nupi Hasyim, M., Hidayat , K. K. ., & Barek , E. O. I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran di Era Digital dalam menghadapi Persaingan di UMKM Rajawali Persada Coffee. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(3). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/170

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama