the The Impact of Educational Leadership on Teachers’ AI Integration and Digital Transformation: A Meta-Analysis

Dampak Kepemimpinan Pendidikan terhadap Integrasi AI dan Transformasi Digital Guru: Sebuah Meta-Analisis

Penulis

  • Febi Adriana mutiara Sogalrey Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Yusuf Sobri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55768/jrmi.v7i3.197

Kata Kunci:

kepemimpinan pendidikan

Abstrak

Perkembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah mendorong transformasi digital dalam pendidikan, di mana guru dituntut untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kepemimpinan pendidikan terhadap integrasi AI guru melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) yang dikombinasikan dengan meta-analisis. Data diperoleh dari basis data Scopus dengan kata kunci “Educational Leadership”, “Teachers’ AI Integration”, dan “Digital Transformation”. Proses seleksi mengikuti protokol PRISMA dan menghasilkan enam studi yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis dilakukan dengan model random-effects menggunakan perangkat lunak RStudio. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap integrasi AI guru dengan efek gabungan r = 0.44 (95% CI [0.37–0.51]), yang termasuk dalam kategori sedang. Uji heterogenitas menghasilkan nilai I² = 71.8% (p = 0.0033), menandakan adanya variasi antar penelitian yang kemungkinan dipengaruhi oleh konteks institusional, karakteristik responden, serta model kepemimpinan yang diteliti. Analisis funnel plot menunjukkan adanya bias publikasi moderat, meskipun arah hubungan tetap konsisten positif. Hasilnya menyatakan kepemimpinan transformasional dan digital leadership merupakan faktor kunci dalam mendorong kesiapan guru mengadopsi AI dan mempercepat transformasi digital pendidikan. Penelitian ini berkontribusi dalam memperluas literatur kepemimpinan dengan menempatkan integrasi AI sebagai salah satu indikator baru efektivitas kepemimpinan di abad ke-21, sekaligus memberikan implikasi praktis bagi pengambil kebijakan dan pemimpin pendidikan dalam merancang strategi transformasi sekolah berbasis teknologi.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Sogalrey, F. A. mutiara, & Sobri, A. Y. (2025). the The Impact of Educational Leadership on Teachers’ AI Integration and Digital Transformation: A Meta-Analysis: Dampak Kepemimpinan Pendidikan terhadap Integrasi AI dan Transformasi Digital Guru: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 7(3). https://doi.org/10.55768/jrmi.v7i3.197