Effect of trust, quality of service and product quality on consumer loyalty in CV. Naisha Madu Nusantara

Penulis

  • Boby Gustionto STIE Bangkinang
  • Librina Tria Putri STIE Bangkinang
  • Muhammad Salis STIE Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i1.92

Kata Kunci:

Trust, Service Quality, Product Quality, Consumer Loyalty

Abstrak

This study aims to determine the effect of trust, service quality and product quality on consumer loyalty at CV. Naisha Madu Nusantara in Pekanbaru. The analysis used in this study is multiple linear analysis using SPSS Version 25 with a total sample of 96 respondents. Hypothesis testing was carried out using a simultaneous test (f test) and a partial test (t test). Based on the results of the study, it can be concluded that simultaneously and partially trust, service quality and product quality affect consumer loyalty at CV. Naisha Madu Nusantara Pakanbaru. The close relationship between the independent variable and the dependent variable is very strong with the contribution of the independent variable to the dependent variable of 78.40%. While the remaining 21.60% is determined by other variables not included in this study.

Referensi

Abdullah, M. 2014. Manajemen Dan Evaluasi Pemasaran I. Penerbit Aswaja Pres Sindo. Yogyakarta

Alma, Buchari,. 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Assauri, sofyan.2013. Manajemen Pemasaran Dasar. Konsep dan Strategi. Rajawali pers. Jakarta.

Ahmad Saefudin. 2017. Pengaruh Kepercayaan,kualitas pelayanan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada Kedai Kopi Mr Beard Coffee Jl, Saxophone No. 47 Tunggul Wulung Lowokwaru Malang. Volume 4. Nomor 8. ISSN: 9248-8998.

Donni J, Priansa. 2016. Perencanaan Dan Pengembangan Pemasaran. Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung.

Ferdinand Napitupulu. 2019. Pengaruh Harga dan Kaulitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. JEBNI. Volume 16. Nomor 1. ISSN: 2528-1127.

Fatmiwati, F., Zulher, Z., & Mulyani, S. (2020). THE EFFECT OF PRODUCT VARIANT AND PRICE ON PURCHASING DECISIONS FOR HNI-HPAI PRODUCTS AT THE KHAIRA ISLAMIC HEALTHY HOME MEDICINE CLINIC IN BANGKINANG CITY. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(4), 223-232.

Gitosudarmo. 2015. Manajemen Pemasaran. edisi kedua. cetakan keenam. Penerbit BPFE . Yogyakarta

Griffin dan Ebert. 2012. Analysis Management Marketting. 3rd edition. Boston.

Handoko, T, Hani, 2013, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2012. Organisasi Dan Motivasi. Cetakan Keempat. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Hastuti, Diah R.D. 2010. Ekonomika Agribisnis. Cetakan Pertama. Perpustakaan Nasional. Katalog Dalam Terbitan (KDT). Makassar.

Jefkins, Aurora.2014. Organisasi Dan Sumer Pemasaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Kottler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. Edisi keempatbelas. Prentice-Hall Published. New Jersey

Lupiyoadi. 2016. Bauran pemasaran bisnis jasa. Empat Salemba. Jakarta

Manullang, Laurence A. 2013. Teori Manajemen Komprehensif Integralistik. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Norawati, S., Arman, A., Ali, A., Ihsan, A., & Putra, E. (2021). Analysis of Product Variation, Quality of Service and Their Effect on Customer Satisfaction. IJEBD (International Journal Of Entrepreneurship And Business Development), 4(6), 954-960.

Norawati, S., Kamal, M., Zakaria, N., & Gusman, Y. (2021). ANALISIS DISIPLIN, KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI, PELATIHAN DAN DAN PADAKINERJA KARYAWAN (Studi pada PKS PT. Tunggal Yunus Estate Kabupaten Kampar). Menara Ilmu, 15(1), 148-158.

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Samosir, A., Priyanti, D., & Simamora, M. T. (2022). PROGRAM KELOMPOK BELAJAR SEKOLAH Negeri 091503 PEMATANG TANAH JAWA DENGAN PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION. ABDIMAS MANDIRI-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 102-107.

Samosir, A., Tambunan, J., Sihombing, C., & Nanda, F. A. (2022). PEMBEKALAN UMKM DI MASA PANDEMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. ESCAF, 1(1), 218-230.

Samosir, A., Saragih, D., Sidabutar, F. P., & Sitorus, M. R. (2022). Peningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SD Negeri 091711 Pasar Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Journal on Education, 4(4), 1650-1653.

Samsudin, Kasali. 2013. Manajemen Publik Relations Konsep dan Aplikasinya Di Indonesia PT Pustaka Utama Grafiti. Jakarta

Sandra, D. A., Arman, A., & Diantara, L. (2021). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY ON GENERAL PATIENT SATISFACTION (Survey At The RSIA Husada Bunda Salo Sub-District Kampar District). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 159-168.

Saragih, M. C., & Situmorang, I. (2022). Penerapan Model Example Non Example pada Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Swasta Methodist Pematangsiantar. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(01), 23-34.

Saragih, M. C. I., Tambunan, J. O., & Situmorang, I. (2022). The Implementation of the Glasser Learning Model to the Ability to Write the Poetry of Class IX Students of SMP Negeri 1 Raya Kahean in the New Normal Era. Jurnal Mantik, 6(3), 3678-3683.

Saragih, M. C. I. (2022). Cooperative Group-Based Speech Writing Training Investigation on Student Class VI SD Pulibuah Districts Raya Kahean. IJCS: International Journal of Community Service, 1(1), 99-104.

Sasetyo, Kurniawan.2012. Dinamika Pemasaran :Jelajahi dan Rasakan,Edisi 1. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Setiadi, Maulidah. 2013. Lab Of Agribussines Analysis And Management Marketting II. Univeresitas Brawijaya. Malang.

Sihombing, J. M., Berutu, K., & Sihombing, C. (2022). KUALITAS ORGANOLEPTIK MUTU BAKSO DAGING DOMBA EKOR TIPIS DENGAN PEMBERIAN KERAK TAHU DALAM KONSENTRAT. Jurnal Peternakan Unggul, 5(2), 25-32.

Sihombing, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 289-294.

Sihombing, C., & Anjely, S. D. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring di Kelas Tinggi SDN 091262, Karangsari. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(01), 1-7.

Sihombing, E., Marchese, M., Samosir, A., Nanda, F. A., & Sihombing, C. (2021, December). FACTORS ASSOCIATED WITH DIARRHEA DISEASE IN CHILDREN 1-5 YEAR IN PUSKESMAS WORK AREA PAMATANG RAYA DISTRICT SIMALUNGUN 2020. In International Conference on Health Science, Green Economics, Educational Review and Technology (Vol. 3, pp. 123-132).

Siswanto. 2011. Manajemen PemasaranPerusahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soekidjo, Notoatmodjo. 2016. Madu Untuk Kesehatan Teori dan Aplikasinya. PT. Graha Ilmu. Jakarta.

Sofyan, Herman. 2012. Manajemen Pemasaran II. Cetakan Pertama. Graha ilmu. Yogyakarta.

Sondang P. Siagian. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Kedua Puluh Empat. Bumi Aksara. Jakarta.

Sudaryono. 2016. Kominikasi Bisnis. Penerbit. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. statistika untuk penelitian. Penerbit PT Alfabeta. Bandung.

Tambunan, J. O., Cahyaningtyas, T. I., & Purhanudin, M. V. (2022). Penciptaan Lagu Anak Sebagai Pendidikan Karakter melalui Seni Pada Mahasiswa PGSD Universitas Efarina Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5744-5749.

Tambunan, J. O., & Aritonang, E. (2022). Application-assisted Project Based Learning Transformation During Covid-19 Adaptation at Madrasah Aliyah Negeri. INFOKUM, 10(5), 31-37.

Tambunan, J. O. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik Pada Mahasiswa Jurusan PGSD Semester VI Universitas Efarina. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10037-10050.

Supardi, S., Yusri, M., Zamri, A. T., & Ak, U. A. (2021). ANALISIS BAURAN PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN KAMPAR. Menara Ilmu, 15(1).

Yunaldi, R., Diantara, L., & Putri, L. T. (2021). THE EFFECT OF BRAND EQUITY, PRICE, AND LIFESTYLE ON PRODUCT PURCHASE DECISIONS GATSBY POMADE IN CIRCLESMILLENNIAL IN THE CITY OF BANGKINANG. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 3(1), 46-55.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Gustionto, B., Putri, L. T., & Salis, M. (2022). Effect of trust, quality of service and product quality on consumer loyalty in CV. Naisha Madu Nusantara. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i1.92

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>