Strategi Pemasaran Pada Produk Usaha Umkm Dalammeningkatkanprofit Penjualan Setelah Covid 19
Studi Restoran Cv Citra Sari Kedele
Kata Kunci:
Strategi, Pemasaran, PenjualanAbstrak
Judul penelitian ini yakni analisis strategi pemasaran untuk meningkatkanpenjualan pada usaha Restoran Cv Sari Kedele Di Kecamatan Jatinangor. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan olehusahaUMKM untuk meningkatkan penjualan. Data yang dibutuhkan peneliti menggunakanjenisdata kualitatif dan data kuantitatif. Sumber datanya yakni data primer dan data sekunder. Metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan: Wawancara, dan Studi Pustaka. Untuk mengetahui bagaimana strategi digunakan MetodeAnalisaSwot (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dari Hasil Analisis Swot, diperolehbahwa Hasil EFAS (Eksternal Factor Analisys Summary) pada peluang umkmini memiliki peluang yang baik dan ancaman-nya pun cukup tinggi dilihat dari produk utamayangdiual merupakan produk yang mudah ditiru,hal ini berarti bahwa UMKMCv CitraSari Kedele memiliki peluang dan ancaman yang sam besarnya. Nilai IFAS untuk variabel kekuatan umkm Cv Citra Sari Kedele sangat kuat dilihat dari beberapa aspekyangterpenuhi dan kelemahan pada umkm ini hanya minimnya melakukan promosi di medsos. hal ini menunjukan bahwa kekuatan yang dimiliki UMKM ini lebih besar daripadanilai kelemahan yang dimiliki. Dari hasil analisis Swot diperoleh bahwa posisi UsahaUMKMmemiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yangada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakanperutumbuhan yang agresif.
Referensi
Arikunto, S, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Basu Swastha dan T.Hani Handoko.2015. Manajemen Pemasaran-Analisis
Perilaku Konsumen. Yogyakarta BPFE.
David, Fred R. 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.
Hermawan, Agus, 2012, Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Fakultas Ekonomie dan BisnisUGM. Yogyakarta.
Kotler, Philip, Keller, Kevin L, 2012, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad, 2009, Metodologi Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Erlangga, Jakarta
Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Cetakan ke-23. Jakarta: PTGramediaPustaka Utama.
Sugiyono. 2012. Memahamie PenellitianKualitatif. Bandung : ALFABETSunyoto, Danang. 2014. Dasar-DasarManajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakanke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academiec Publishing Service).
Tjiptono, Fandy, 2010, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Wijaya, Tony, 2011, Manajemen KualitasJasa, Jakarta, Salemba Empat
Abdullah, Thamrin, dan FrancisTantri. 2019. Manajemen Pemasaran.Cetakanke-8. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Aftizal, 2016, Metode PenelitianKualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian
Kualitatif Dalam Berbagai DisiplinIlmu, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Riset Manajemen Indonesia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.