Strategi Pemasaran Pada Produk Usaha Umkm Dalammeningkatkanprofit Penjualan Setelah Covid 19

Studi Restoran Cv Citra Sari Kedele

Penulis

  • Rosti Setiawati Universitas Koperasi Indonesia
  • Annisa Delia Septiani Universitas Koperasi Indonesia
  • Cindy Puspita Febrianti Universitas Koperasi Indonesia

Kata Kunci:

Strategi, Pemasaran, Penjualan

Abstrak

Judul penelitian ini yakni analisis strategi pemasaran untuk meningkatkanpenjualan pada usaha Restoran Cv Sari Kedele Di Kecamatan Jatinangor. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan olehusahaUMKM untuk meningkatkan penjualan. Data yang dibutuhkan peneliti menggunakanjenisdata kualitatif dan data kuantitatif. Sumber datanya yakni data primer dan data sekunder. Metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan: Wawancara, dan Studi Pustaka. Untuk mengetahui bagaimana strategi digunakan MetodeAnalisaSwot (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dari Hasil Analisis Swot, diperolehbahwa Hasil EFAS (Eksternal Factor Analisys Summary) pada peluang umkmini memiliki peluang yang baik dan ancaman-nya pun cukup tinggi dilihat dari produk utamayangdiual merupakan produk yang mudah ditiru,hal ini berarti bahwa UMKMCv CitraSari Kedele memiliki peluang dan ancaman yang sam besarnya. Nilai IFAS untuk variabel kekuatan umkm Cv Citra Sari Kedele sangat kuat dilihat dari beberapa aspekyangterpenuhi dan kelemahan pada umkm ini hanya minimnya melakukan promosi di medsos. hal ini menunjukan bahwa kekuatan yang dimiliki UMKM ini lebih besar daripadanilai kelemahan yang dimiliki. Dari hasil analisis Swot diperoleh bahwa posisi UsahaUMKMmemiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yangada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakanperutumbuhan yang agresif.

Referensi

Arikunto, S, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Basu Swastha dan T.Hani Handoko.2015. Manajemen Pemasaran-Analisis

Perilaku Konsumen. Yogyakarta BPFE.

David, Fred R. 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Hermawan, Agus, 2012, Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Fakultas Ekonomie dan BisnisUGM. Yogyakarta.

Kotler, Philip, Keller, Kevin L, 2012, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2009, Metodologi Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Erlangga, Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2017. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Cetakan ke-23. Jakarta: PTGramediaPustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Memahamie PenellitianKualitatif. Bandung : ALFABETSunyoto, Danang. 2014. Dasar-DasarManajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakanke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academiec Publishing Service).

Tjiptono, Fandy, 2010, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Wijaya, Tony, 2011, Manajemen KualitasJasa, Jakarta, Salemba Empat

Abdullah, Thamrin, dan FrancisTantri. 2019. Manajemen Pemasaran.Cetakanke-8. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Aftizal, 2016, Metode PenelitianKualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian

Kualitatif Dalam Berbagai DisiplinIlmu, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Setiawati, R., Septiani, A. D. ., & Puspita Febrianti, C. (2023). Strategi Pemasaran Pada Produk Usaha Umkm Dalammeningkatkanprofit Penjualan Setelah Covid 19 : Studi Restoran Cv Citra Sari Kedele . Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 5(3). Diambil dari https://jurnal.pascabangkinang.ac.id/index.php/jrmi/article/view/169