MANAJEMEN PENDIDIKAN JURNALISTIK BERBASIS KOMPETENSI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Sekolah Jurnalisme Indonesia )

Penulis

  • Yusup Yusup STIE Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.55768/jrmi.v2i3.34

Kata Kunci:

Manajemen Pendidikan, Kompetensi Wartawan

Abstrak

Membengkaknya jumlah media massa yang berkembang di Indonesia mengundang berbagai permasalahan yang muncul, dari mulai perekrutan, hingga penempatan dan kualitas media serta wartawanya itu sendiri. Masalah wartawan dengan kelemahan kompetensinya, perilaku buruk mereka, dan banyaknya juga “wartawan-wartawanan” yang mengganggu masyarakat merupakan beban  atau pekerjaan rumah komunitas pers. Kondisi seperti ini dapat dilakukan perbaikan melalui peningkatan sumber daya manusia dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan jurnalistik yang berorientasi pada peningkatan kompetensi wartawan. Sehingga wartawan yang profesional  akan dapat bekerja secara maksimal dengan mengedepankan kode etik jurnalistik sehingga dapat menjadi mitra kerja siapapun dalam turut serta membangun bangsa. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah : (a). Apa yang direncanakan dalam pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang diselenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia ? (b). Bagaimana proses pengorganisasian pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang dilaksanakan Sekolah Jurnalisme Indonesia? (c). Bagaimana pelaksanaan pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang diselenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia? (d). Bagaimana evaluasi pendidikan jurnalistik tingkat dasar Sekolah Jurnalisme Indonesia? (e). Apa saja masalah-masalah yang muncul pada saat pelaksanaan pendidikan jurnalistik berlangsung? (f). Bagaimana langkah revitaslisasi pendidikan jurnalistik ? Dan secara rinci tujuan dari penelitian ini adalah : (a). Untuk mendeskripsikan apa yang direncanakan dalam pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang diselenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia. (b). Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengorganisasian pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang dilaksanakan  Sekolah Jurnalisme Indonesia. (c). Untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pelaksanaan pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang diselenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia. (d).  Untuk mendeskripsikan evaluasi pendidikan jurnalistik tingkat dasar yang dilakukan Sekolah Jurnalisme Indonesia. (e). Untuk mendeskripsikan masalah-masalah yang muncul pada saat pelaksanaan pendidikan jurnalistik berlangsung. (f). Untuk mendeskripsikan langkah revitaslisasi pendidikan jurnalistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan menjelaskan gejala, peristiwa yang aktual sesuai dengan tahapan dalam proses manajemen pendidikan jurnalistik, dengan menggunakan teknik pengumpulan data  langsung dari nara sumber yang dibutuhkan. Secara umum hasil penelitian yang telah penulis lakukan terhadap Pendidikan jurnalistik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) dimana pendidikan jurnalistik dengan menggunakan pendekatan manajemen pendidikan melaksanakan fungsi-funsi manajemen pendidikan dengan baik dari mulai menyusun perencanaan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pendidikan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dan melakukan revitasilasi untuk pencapian tujuan pendidikan jurnalistik.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

Yusup, Y. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN JURNALISTIK BERBASIS KOMPETENSI (Studi Deskriptif Kualitatif pada Sekolah Jurnalisme Indonesia ). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2(3), 165–176. https://doi.org/10.55768/jrmi.v2i3.34